Selasa, 19 Maret 2013

Berkebun Sawit Peluang Bisnis Jangka Menengah disukai Perusahaan Asing

Berkebun Kelapa Sawit jika dilakukan dengan benar akan menghasilkan keuntungan melimpah. Bagaimana tidak, luasan perkebunan kelapa sawit di Indonesia ini juga banyak dikuasai oleh perusahaan asing. Kalau profitnya tidak banyak, mana mungkin mereka rela menyeberangi benua untuk bisnis ecek-ecek.
Saya menjumpai perusahaan dari China, Eropa juga tetangga Malaysia yang memiliki areal perkebunan hingga puluhan ribu hektar.
Ini menunjukkan bagaimana kemudahan berinvestasi di negeri kita, oleh perusahaan asing sekali pun. Kondisi ini tidak menjadi masalah. Yang jadi kurang tepat, bila kita yang orang Indonesia tidak ikut andil di dalamnya dan hanya menjadi penonton.

Peluang Bisnis Kelapa Sawit dalam 6 Tahun Seperti apa?

Misal....kita mau membuka lahan perkebunan sebesar 10 hektar.
Untuk kelas petani, harga di Bengkulu Utara, misal senilai 20 juta/hektar x 10 ha = 200juta
Pembelian bibit usia 18 bulan seharga 35rb/batang, dengan asumsi 130 batang/ha.
Bibit: 1.300 x 35.000 = 45.500.000
Upah Tebas dan tanam + pupuk awal: 5juta
Pembuatan fasilitas rumah/pondok jaga: 10 juta
Lain-Lain: 9,5 juta

Pupuk tahun pertama bersubsidi & Upah : 20juta
Racun & Cyrcle : 15 juta
Ongkos Perawatan/Upah tunggu kebun: 20 juta

Cash Flow Kebutuhan Modal
Tahun 0: -220 juta
Tahun 1: -45 juta
Tahun 2: -55 juta
Tahun 3: -60 juta
Panen Tahun ke-3: +60 juta
Total: -320 juta rupiah

Tahun ke-3
Di usia ke-28 kelapa sawit sudah berbuah.
Dengan asumsi bisa menghasilkan 6 ton/hektar, maka berpotensi menghasilkan uang: 60 juta

Tahun ke-4
Biaya perawatan semakin berkurang namun biaya pupuk naik sedikit.
Hasil Panen di tahun ke-4 diperkirakan bisa mencapai 140 ton/tahun atau ada cash in 140 juta.
Asumsi pengeluaran 70 juta, maka hasil bersih: 70 juta

Tahun ke-5
Hasil Panen di tahun ke-5 diperkirakan bisa mencapai 180 ton/tahun atau ada cash in 180 juta.
Asumsi pengeluaran 70 juta, maka hasil bersih: 110 juta

Tahun ke-6
Hasil Panen di tahun ke-6 diperkirakan bisa mencapai 240 ton/tahun atau ada cash in 240 juta.
Asumsi pengeluaran 70 juta, maka hasil bersih: 170 juta

Cash Flow Tahun ke-6

Modal Tahun ke-3: -320 juta
Tahun ke-4: +70 juta
Tahun ke-4: +110 juta
Tahun ke-6: +170 juta
Total: + 30 juta

Harga Tanah
Harga tanah seperti kita ilustrasikan di atas masih sangat murah, sehinggal dalam waktu 6 tahun, harga tanah bisa naik 3 x lipat. Di akhir tahun ke-6, harga tanah diperkirakan sudah mencapai 60 juta/hektar (tanah kosong)

Jika kita menjual lahan kelapa sawit yang sudah berproduksi dengan bagus, bisa mencapai 60 juta/hektar.
Jadi di tahun ke-6 nanti, potensi lahan bila dijual bisa mencapai 120 juta/hektar atau 1,2 M....padahal modal sudah lunas.

Potensi kalau tidak dijual
Bisa dibayangkan, dengan modal 320 juta dan sudah kembali di tahun ke-7, kebun sawit tersebut bisa memberikan kita rupiah sebesar 170juta/tahun sampai berusia 25-27 tahun. Meskipun akan terjadi penurunan jumlah produksi di tahun ke-15.

(Perhitungan ini hanyalah ilustrasi....yang dihimpun dari beberapa sumber dan sudah dilakukan pendalaman di lapangan)

Pemesanan bibit kelapa sawit unggul bersertifikat di Bengkulu, panen di usia 26-30 bulan: Irwan 082184810519

3 komentar:

  1. ya sangat fantastis, namun perlu ada biaya persiapan pemadam kebakaran, mengingat di riau adalah sering muncul kebakaran hampir tiap tahun (maaf ilustrasi ini jika di riau)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk di nmr 082281871557 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

    BalasHapus
  3. Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus